Selasa, 01 April 2014

Tugas softskill Penerapan komputasi Modern Pada Website IDX ( Indonesia stock exchange)


Komputasi Modern pertama kali digagasi oleh John Von Neumann. Beliau di lahirkan di Budapest, ibukota Hungaria pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos. Karya-karya yang dihasilkan adalah karya dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer. Beliau juga merupakan salah seorang ilmuwan yang sangat berpengaruh dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kepiawaian John Von Neumann teletak pada bidang teori game yang melahirkan konsep automata, teknologi bom atom dan komputasi modern yang kemudian melahirkan komputer.


Secara lengkap, pengertian dari komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory—dalam hal ini, yang dimaksud adalah memory komputer. Komputasi modern tentunya jauh lebih baik dari komputasi tradisonal, baik dari segi ukuran, kecepatan proses maupun daya tampung data.

Komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, yang menjadi perhitungan dari komputasi modern adalah :
1.      Akurasi (bit, Floating poin)
2.      Kecepatan (Dalam satuan Hz)
3.      Problem volume besar (Down sizing atau paralel)
4.      Modeling (NN dan GA)
5.      Kompleksitas (Menggunakan teori Big O)


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjvZlrzTPLMrSnJpinGW4yxXftyTEhoOw4G4XwnL4VcrP90FYOacCpVxBiGIglGhbByFQqIeIKU7EoVKmydHJMc0EauaARXnTj2ybt8phuJH_ROkafOFi1P9h_ewceQ-D_1lhiTR4bWt80/s1600/Untitled.jpg

Sejarah singkat Pasar Modal di indonesia.

        Sekitar awal abad ke-19 pemerintah kolonial Belanda mulai membangun perkebunan secara besar-besaran di Indonesia. Sebagai salah satu sumber dana adalah dari para penabung yang telah dikerahkan sebaik-baiknya. Para penabung tersebut terdiri dari orang-orang Belanda dan Eropa lainnya yang penghasilannya sangat jauh lebih tinggi dari penghasilan penduduk pribumi.

        Atas dasar itulah maka pemerintahan kolonial waktu itu mendirikan pasar modal. Setelah mengadakan persiapan, maka akhirnya berdiri secara resmi pasar modal di Indonesia yang terletak di Batavia (Jakarta) pada tanggal 14 Desember 1912 dan bernama Vereniging voor de Effectenhandel (bursa efek) dan langsung memulai perdagangan.

Pada saat awal terdapat 13 anggota bursa yang aktif (makelar) yaitu : Fa. Dunlop & Kolf; Fa. Gijselman & Steup; Fa. Monod & Co.; Fa. Adree Witansi & Co.; Fa. A.W. Deeleman; Fa. H. Jul Joostensz; Fa. Jeannette Walen; Fa. Wiekert & V.D. Linden; Fa. Walbrink & Co; Wieckert & V.D. Linden; Fa. Vermeys & Co; Fa. Cruyff dan Fa. Gebroeders.
yang disubsidi pada tahun 1982, nilainya adalah + Rp. 7 triliun) yang berasal dari 250 macam efek.

       Menurut saya website ini sudah termasuk komputasi modern.karena pada sebelumnya dilakukan secara manual dikantor idx sendiri.pada dahulunya,untuk menerima informasi ekonomi indonesia dan dunia kita mencari info melalui koran maupun broker.sehingga pasarpun belum  tentu kita prediksi dengan benar dan tepat.dengan adanya website idx (Indonesia Stock exchange) memudahkan kita untuk mencari informasi dan layanan yang diberikan idx berkat majunya komputasi modern.
Contoh layanan yang diberikan oleh website idx (Indonesia Stock exchange)  adalah adanya updatean terbaru pasar modal di indonesia maupun di dunia dan yang lebih menarik bisa juga diakses via mobile seperti smartphone secara online.

Sedangkan Efek yang diperjual-belikan adalah saham dan obligasi perusahaan/perkebunan
Belanda yang beroperasi di Indonesia, obligasi yang diterbitkan Pemerintah (propinsi dan kotapraja), sertifikat saham perusahaan-perusahaan Amerika yang diterbitkan oleh kantor administrasi di negeri Belanda serta efek perusahaan Belanda lainnya.

      Perkembangan pasar modal di Batavia tersebut begitu pesat sehingga menarik masyarakat kota lainnya. Untuk menampung minat tersebut, pada tanggal 11 Januari 1925 di kota Surabaya dan 1 Agustus 1925 di Semarang resmi didirikan bursa.

       Anggota bursa di Surabaya waktu itu adalah : Fa. Dunlop & Koff, Fa. Gijselman & Steup, Fa. V. Van Velsen, Fa. Beaukkerk & Cop, dan N. Koster. Sedangkan anggota bursa di Semarang waktu itu adalah : Fa. Dunlop & Koff, Fa. Gijselman & Steup, Fa. Monad & Co, Fa. Companien & Co, serta Fa. P.H. Soeters & Co.

Perkembangan pasar modal waktu itu cukup menggembirakan yang terlihat dari nilai efek yang tercatat yang mencapai NIF 1,4 milyar (jika di indeks dengan harga beras
                                                                                                                                     
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgtPbavMrh_9FGHFUpGprp8miS8_IhHD0MDOjqWu8w5iimcDClNfzHqTCZ9h_TnmxK-301FSg8tu4duTkdvqfoVf9cBtcd2J-8EOYYAl3Z0NyiuDMumMU9Iej11P6-81KFoFi4SB8qIIpM/s1600/2.jpg
ambar no.1 IDX Mobile

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg-M1eXR7WV9RDFpF7t6TAHEX7Z77_mooc9RG8AiqN1ba9s9uGYX4YOuAZkKjtsR4rh1j0pCBiIz1FdSqVwA8uKfZvwOE6zYAURmcE90hVUp7dOsDxZZQVGPrNV7ZMEkiVpnOHyovE4aoc/s1600/3.jpg
Gambar No.2 Update grafik pergerakan harga



        Dengan demikian memudahkan kita untuk memantau pergerakan harga pasar.website ini sangat berguna sekali bagi investor.karena dengan melihat website ini sekilas saja.kita bisa melihat saham apa yang kita mau dan info setiap saham.Disamping itu juga website ini memberikan penjelasan tentang materi produk dan layanan.sehingga memudahkan kita untuk memahaminya.
Kekurangan : Mungkin sedikit kekurangan dari website ini adalah desainnya kurang menarik disamping itu juga tampilanya kurang hidup dan kontras warnanya kaku.Mungkin ini bagian dari strategi agar pembaca dapat dengan mudah memahami setiap artikelnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar